Edutainment Nusantara

LETS MAKE HARMONY

Minggu, 23 Oktober 2022

Guru Penggerak: Jurnal Refleksi Modul 3.1 Pengambilan Keputusan Berbasis Nilai-Nilai Kebajikan sebagai Pemimpin

 Minggu, 16 Oktober 2022

 

Minggu ke dua bulan oktober saya sudah memasuki modul 3.1 Pengambilan Keputusan Berbasis Nilai-Nilai Kebajikan sebagai Pemimpin. Menurut saya, modul ini sangat menantang. Pertama materi sangat padat sehingga membutuhkan pemahaman ekstra. Ke dua, materi ini sudah mengarah pada kejadian nyata/faktual. Kasus yang relevan dengan modul 3.1 ternyata sering saya jumpai dalam dunia kerja.

 

Saya mulai mengenal suatu keadaan dalam mengambil keputusan yaitu berdasarkan bujukan moral serta dilema etika. Membandingkan dua kejadian ini bukan hal mudah. Namun, dengan sering membaca modul berulang akhirnya saya mulai menemukan titik terang dalam memahami pengambilan keputusan berdasarkan bujukan moral atau dilemma etika.

 

Selama mengikuti pembelajaran modul 3.1 sebenarnya saya merasa canggung karena padanta materi yang harus di asup. Namun, melihat konten yang sangat erat dengan kejadian real dalam dunia kerja. Saya semakin tertantang untuk menguasai modul 3.1. saya mulai mengidentifikasi kasus atau kejadian yang berada dilingkungan sekolah. saya klasifikasikan dalam kategori bujukan moral atau dilemma etika. Ternyata kasus itu memiliki keunikan sendiri terlebih dengan penyelsaiannya.

Saya mencoba mengurai kasus yang terjadi dilingkungan. Saya implementasikan materi yang saya dapat dalam modul 3.1 untuk menyelsaikan kasus ini. Melihat kejadian yang unik kemudian bagaimana membuat keputusan dengan kepala sekolah sebagai referensi ternyata perasaanku semakin meluap manakala keputusan yang coba diambil harus mengecewakan beberapa pihak. Tujuannya benar namun belum tentu menjadi kebenaran atau sesuatu yang bisa diterima pihak lain. Saya pun menjadi sadar dimana dalam membuat keputusan ternyata ada prinsip yang mendasari. Kecenderungan prinsip atau nilai yang mendasari saya dalam mengambil keputusan yaitu menjunjung tinggi prinsip-prinsip/nilai-nilai dalam diri Anda.

 

Berdasarkan pengalaman selama mengiktui modul 3.1, maka saya menyimpulkan bahwa sebelum membuat keputusan itu harus dipikirkan secara matang terlebih ketika keputusan itu akan memasuki uji publik/publikasi. Pemimpin harus memiliki ketrampilan dalam membuat keputusan. Tahapan selama membuat keputusan pertama harus identifikasi kasus apakah kategori bujukan moral atau dilema etika.

 

Kemudian yang akan dijadikan dasar mengambil keputusan ada kecenderungan ke mana? Kita harus melakukan uji keputusan yang terdiri 9 tahap sebagai panduan dalam mengambil keputusan. Pada akhirnya kita harus ingat bahwa setiap keputusan yang kita ambil harus didasarkan pada rasa penuh tanggung jawab, nilai-nilai kebajikan universal, serta berpihak pada murid.

 

Saya berharap ketika saya menjadi pemimpin saya bisa mengambil keputusan yang tepat. Sebuah keputusan yang tidak hanya melakukan demi kebaikan banyak orang namun harus melihat nilai-nilai kebajikan yang universal. Saya harus berhati-hati atas keputusan yang saya buat karena walaupun telah berlandaskan pada suatu prinsip atau nilai-nilai tertentu, tetap akan memiliki konsekuensi yang mengikutinya. Agar semakin tepat sebuah keputusan, saya akan melakukan uji keputusan.

 

Belajar dari kasus ini, saya akan mengasah keterampilan coaching, untuk mengambil keputusan yang bertanggung jawab.  Menguasai  kompetensi  kesadaran diri (self awareness), pengelolaan diri (self management), kesadaran sosial (social awareness) dan keterampilan berhubungan sosial  (relationship skills). Proses pengambilan keputusan seharusnya juga dilakukan dengan kesadaran penuh (mindful) dengan berbagai pilihan dan konsekuensi yang ada.

 

 

 

 

 

 

0 komentar:

Posting Komentar