Ulangan Harian I (Tema 1 Sub Tema 1 Tumbuhan Sahabatku)
PPKn
KD 3.1
Menganalisis penerapan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari
Indikator 1: Disajikan gambar peserta didik sedang upacara, siswa dapat menyebutkan nilai Pancasila yang sesuai dengan gambar tersebut
Soal nomor 1:
Perhatikan gambar berikut!
https://www.google.com/search?q=gambar+siswa+SD+sedang+upacara&safe=strict&tbm=isch&source=iu&ictx=1&fir=fpmwTyV9j-xlRM%252CVKTrF-5-7mS
qM%252C_&vet=1&usg=AI4_kThn7ozM60f3Lrqi3En_BFMAuvFvg&sa=X&ved=2ahUKEwi4yaGavI_rAhVaT30KHczABX0Q9QEwAHoECAkQHQ#imgrc=fpmwTyV9j-xlRM
Berdasarkan
gambar di atas nilai Pancasila yang sesuai adalah … .
Indikator 2: Disajikan suatu kasus atau peristiwa, peserta didik dapat menjelaskan sikap tersebut apakah sesuai dengan nilai-nilai Pancasila atau tidak.
Soal nomor 2:
perhatikan teks bacaan di bawah ini!
Seorang pria di Pemalang dikabarkan
telah membakar Al-Quran. Kejadian tersebut Viral di Media Sosial setalah foto
pelaku yang bernama Nuril di duga sedang membakar Al-Quran di unggah dalam akun
instagram. Salah satu yang mengunggah foto tersebut adalah akun instgram pemalang
update.
Mengutip sumber
dari detik.com bahwa pria yang membakar Al-Quran di Kabupaten Pemalang, Jawa
Tengah, ditangkap Polisi. Pria yang mebakar Al-Qur'an
itu bernama Nuril Ma'arif (34).
"Benar, kejadian (pembakaran Al-Qur'an) itu ada, pukul
10.10 WIB di Alun-alun Pemalang. Dilakukan Nuril. Pada saat yang bersangkutan
melakukan tindak pidana, patroli kami melintas dan langsung mengamankan di
Polres," kata Kapolres Pemalang AKBP Edy Suranta Sitepu saat jumpa pers di
Mapolres Pemalang, Kamis (30/1/2020).
Hingga saat ini Nuril masih menjalani pemeriksaan intensif
di Polres Pemalang. Diduga ada beberapa Al-Qur'an yang dia bakar.
"Selain Al-Qur'an, ada buku tulis.
Dilakukan pemeriksaan intensif," terangnya.
Soal nomor 2:
berdasarkan bacaan di atas, apakah sikap tersebut sesuai dengan nilai-nilai Pancasila? berikan pendapat kalian atas peristiwa tersebut!
Bahasa Indonesia
KD 3.1 Menyimpulkan informasi berdasarkan teks laporan hasil pengamatan yang diddengar dan dibaca.
Indikator : disajikan teks cerita, peserta didik dapat menentukan informasi penting dalam teks bacaan.
Soal nomor 3:
Berdasarkan teks di atas (soal nomor 2), tentukan informasi penting dalam bacaan tersebut!
Indikator: disajikan teks cerita, peserta didik dapat menentukan ide pokok paragraf pertama.
Soal nomor 4:
Ide pokok pargraf pertama adalah … .
Indikator: peserta didik dapat menentukan kalimat utama paragraph ketiga dalam teks bacaan.
Soal nomor 5:
Kalimat utama paragraf ketiga adalah … .
Matematika
KD 3.3 Menjelaskan dan
melakukan operasi htiung campuran yang melibatkan bilangan cacah, pecahan dan
atau decimal dalam berbagai bentuk sesuai urutan operasi.
Indikator: peserta didik dapat melakukan operasi hitung campuran bilangan bulat.
Soal nomor 6:
100 + (-18) x 5 : (-10) = … .
Indikator: peserta didik dapat melakukan operasi hitung campuran bilangan desimal.
Soal nomor 7:
(0,56 + 2,4) x 12,6 = … .
Indikator: peserta didik dapat melakukan operasi hitung campuran bilangan desimal.
Soal nomor 8:
2,6 : 0,13 x 30 = … .
IPA
KD 3.1 Membandingkan
cara perkembangbiakan tumbuhan dan hewan.
Indikator: peserta didik dapat menjelaskan pengertian perkembangbiakan vegetative pada tumbuhan.
Soal nomor 9:
Apa yang dimaksud perkembangbikan vegetative pada tumbuhan?
Indikator: disajikan gambar peserta didik dapat menjlaskan proses perkembangbiakan tumbuhan pada gambar.
Soal nomor 10:
Jelaskan proses perkembangbiakan pada gambar tersebut?
IPS
KD 3.1 Mengidentifikasi
karakteristik geografis dan kehidupan social
budaya, ekonomi, politik di wilayah ASEAN.
Indikator: disajikan gambar bendera salah satu Negara ASEAN, peserta didik dapat menyebutkan tokoh yang berperan dalam mendirikan ASEAN.
Soal nomor 11:
Sipakah tokoh pendiri ASEAN berdasarkan asal negara tersebut?
Indikator: peserta didik dapat menyebutkan nama lain Negara Thailand
Soal nomor 12:
Thailand disebut juga dengan nama … .
0 komentar:
Posting Komentar