Edutainment Nusantara

LETS MAKE HARMONY

Selasa, 18 Agustus 2020

Ringkasan Tema 2 Sub tema 1 Rukun dalam Perbedaan Kelas SD

 Tema 2 Kelas 6 SD Persatuan dalam Perbedaan, Sub tema 1 Rukun dalam Perbedaan

Tema 2 berisi tentang persatuan dalam perbedaan. Pembelajaran tema 2 terdiri atas 3 sub tema. Kali ini akan di bahas dulu rangkuman materi sub tema 1 tentang rukun dalam perbedaan.

Tanpa bermaksud mengesampingkan pembelajaran tematik. Penulis akan memberi ulasan yang menjadi muatan pelajaran dalam sub tema 1. Harapannya ulasan ini bisa memberikan materi yang bisa dijadikan sebagai rangkuman belajar peserta didik.

Ringkasan materi PKn

Indonesia adalah negara yang majemuk. Kemajemukan yang dimiliki bangsa Indonesia anatara lain suku, budaya, Bahasa, dan adat istiadat.

Kemajemukan tersebut harus bisa diolah sebagi asset kekayaan bangsa. Memang bukan hal mudah dengan kemjemukan yang besar untuk dikelola. Namun, bila rakyat dapat hidup rukun, maka rakyat dapat hidup bersatu dalam perbedaan. Perbedaan bukan lah halangan apalagi pemecah persatuan.

 Kita harus hidup rukun dalam keluarga, sekolah, dan masyarakat. Dalam lingkungan tersebut banyak sekali perbedaan. Dengan sikap rukun lah kita bisa hidup berdampingan dengan segala perbedaan. Dalam perayaan hari besar keagamaan, kita bisa membantu menjaga kebersihan atau keamanan pelaksanaan hari besar agama.

Semangat persatuan juga tercermin dalam seni budaya local misalnya tarian. Banyak tarian daerah Indoensia yang menyerukan persatuan, seperti lego-lego, atri adat alor bermakna persatuan. Menjaga kerukunan di lingkungan tempat tinggal kita merupakan tugas setiap warga negara. Mewujudkan kerukunan sehingga menciptakan persatuan dan kesatuan bangsa sesuai dengan pengamalan Pancasila terutama sila ke-3.

Ringkasan Meteri Bahasa Indonesia

Dalam pembelajaran tematik juga menyusn kalimat tanya. Beberapa kata tanya adalah kata tanya kapan, di mana, siapa, bagaimana, di mana dan mengapa.

Kata tanya apa menanyakan kata benda, keadaan atau perbuatan.

Kata tanya siapa, emnanyakan orang.

Kata tanya dimana menanyakan tempat.

Kata tanya kapan menayakan waktu.

Kata tanya bagaimana menanyakan penjelasan suatu permasalahan.

Kata tanya mengapa menanyakan alasan atau sebab timbulnya masalah.

loading...


0 komentar:

Posting Komentar