Edutainment Nusantara

LETS MAKE HARMONY

Sabtu, 08 Agustus 2020

Perkembangbiakan Generatif pada Tumbuhan

 

materi sebelumnya sudah pernah di bahas tentang perkembangbiakan vegetatif pada  hewan. kali ini akan dibahas bebevrapa hal yang berkaitan dengan perkembangbiakan generatif.

perkembangbiakan generatif di sebut juga perkembangbiakan secara kawin. perkembangbiakan generatif pada tumbuhan artinya perkembangbiakan terjadi melalui proses penyerbukan dan pembuahan. 

penyerbukan yaitu melekatnya serbuk sari ke kepala putik. setelah proses penyerbukan, pada serbuk sari tumbuh bulu serbuk sari menuju ke ruang bakal biji melalui buluh serbuk sari.

dalam ruang bakal biji terjadi pembuahan. pembuahan yaitu peleburan sel kelamin jantan dengan kepala putik. serbuk sari sebagai sel kelamin jantan atau spermatozoid dan kepala putik sebagai sel kelamin betina. hasil dari proses pembuahan adalah zigot.

Zigot berkembang menjadi lembaga, lembaga berkembang menjadi bakal biji, bakal biji berkembang menjadi biji dan bakal buah, kemudian bakal buah berkembang menjadi daging buah. lembaga yang berada di dalam biji merupakan calon tumbuhan baru.

tumbuhan yang berkembangbiak secara generatif antara lain: mangga, padi, dan jambu. 

agar lebih jelas bisa kalian simak gambar bagian-bagian bunga di atas.

 



loading...

0 komentar:

Posting Komentar