Edutainment Nusantara

LETS MAKE HARMONY

Kamis, 04 Juni 2015

Ramai Pemberitaan Ijazah Palsu, Cek di PDPT Dikti

Pekan ini publik diramaikan oleh pemberitaan tentang ijazah palsu. Mungkin sebagian dari kita tak perlu mengkhawatirkan tentang keabsahan ijazah yang sudah didapatkan. Tapi tak ada salahnya kita  juga peduli terhadap status dan legalitas pendidikan kita. Terutama pendidikan yang ditempuh selama mengikuti perkuliahan di perguruan tinggi. 

Untuk memberikan informasi kepada publik tentang status pendidikan pada perguruan tinggi , Pemerintah melalui Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi (Dirjen Dikti) telah membuat sistem aplikasi yaitu Pangkalan Data Pendidikan Tinggi atau disebut juga PDPT. Bahkan aplikasi ini juga bisa diunduh via smartphone atau android dengan kode "pdpt".

Melalui sistem ini publik bisa mengecek status profil Mahasiswa, Dosen, bahkan bisa dilacak status Perguruan tinggi serta program studi. Sumber data ini berasal dari laporan tiap perguruan tinggi.

Bila kita sudah lulus perkuliahan pada tahun 2005 atau tahun berapa saja kita bisa mengecek status kita. Dengan cara masuk ke profil mahasiswa, lalu masukan nama Perguruan Tinggi, Program Studi, Nama atau NIM, dan masukan kode captcha. kemudian klik pencarian. Jika nama kita muncul berarti kita resmi sebagai mahasiswa yang sudah diakui oleh Dikti. Langkah ini juga berlaku untuk menegcek status Perguruan tinggi dan Program studi. Apakah kampus dan program studi yang ditempuh terdaftar dalam Dikti.

"Bila hasil pengecekan dan pencarian data yang anda lakukan tidak muncul. Maka, silahkan anda membuat kesimpulaan tentang status ada sebagai mahasiswa dan program studi yaang sudah anda ambil ....?"

Biar tidak penasaran silahkan cek data anda di http://forlap.dikti.go.id/

2 komentar: