Edutainment Nusantara

LETS MAKE HARMONY

Selasa, 04 Agustus 2020

Menentukan Informasi Penting dalam Teks Bacaan

Setiap bacaan terdiri dari beberapa paragraf. Paragraf terdiri dari kalimat utama dan kalimat penjelas. Beberapa kalimat membentuk setiap paragraf.

Kumpulan beberapa paragraf, membentuk suatu bacaan. Memang teks bacaan berbeda-beda, ada bacaan yang hanya memiliki satu paragraf, ada pula yang memiliki lebih dari satu paragraf.

Dalam suatu bacaan memiliki informasi penting. Lalu, apakah yang dimaksud informasi penting?

“Informasi penting adalah informasi pada teks bacaan yang dianggap penting. Cara menentukan informasi penting yaitu dengan mengamati setiap kalimat yang disampaikan pada teks, kemudian pilihlah sebuah kalimat maupun informasi yang dianggap penting,” (https://brainly.co.id/tugas/apa itu arti informasi penting, di akses rabu, 5 agustus 2020, 08.20).

Jadi setiap kamu membaca pahami jenis informasi yang terdapat didalam teks bacaan tersebut. Setiap bacaan pasti memiliki informasi penting. Informasi menjadi sangat bermanfaat buat pembaca.

Dalam teks bacaan selain informasi penting juga ada istilah ide pokok, kalimat utama dan kalimat penjelas. Apakah pengertian semua istilah tersebut? Simak ulasan berikut !

Ide pokok atau gagasan utama adalah sebuah topik yang akan dibahasa di dalam sebuah paragraf. Paragraf yang baik memiliki ide pokok dan beberapa kalimat penjelas.

Ide pokok berfunfsi sebagai topic pembahasan, sedangkan kalimat penjelas berfungsi untuk menjelaskan topik tersebut.

Setiap kali menuliskan cerita tidak terlepas dari pargraf. Bagaiman cara menulis paragraf? Ada beberapa aturan penulisan paragraf antara lain: paragraf ditulis menjorok ke dalam (disebut identation) yang menandai awal suatu paragraf. Suatu tulisan yang terdiri atas beberapa halaman akan memiliki banyak identasi. Identasi ini membuat pembaca mudah mengenali dari mana masing-masing paragraph atau ide berawal (disadur dari https://macheda.blog.uns.ac.id/tentang paragraf/april 24, 2009: di akses Rabu, 4 Agustus 2020, pukul 08.40 wib).

 Jika kalian masih bingung dengan bentuk penulisan paragraf, maka perhatikan tulisan ini. Tulisan ini terdiri atas beberapa paragraf. Setiap paragraf ditulis menjorok ke dalam.


0 komentar:

Posting Komentar