Edutainment Nusantara

LETS MAKE HARMONY

Selasa, 11 Agustus 2020

Potensi Ekonomi Negara-negara ASEAN

 

Jika pada sub tema sebelumnya, kita sudah mempelajari materi mengenal Negara-negara ASEAN, maka kali ini akan di bahas potensi ekonomi yang dimiliki Negara-negara ASEAN.

Brunei Darussalam

Negara ini memiliki kekayaan alam berupa minyak bumi yang melimpah. Brunei menjadi Negara yang memiliki pendapatan per kapita paling tinggi di Asia Tenggara. Negara ini juga mendapatkan julukan petro dolar.

Filipina

Mata pencaharian penduduknya pertanian. Pertanian berkembang dengan baik di Filipina.

Indonesia

Negara Indonesia memiliki kekayaan alam yang melimpah. Selain minyak bumi dan gas alam, Indonesia juga mengekspor hasil pertanian serta kayu. Keindahan alam Indonesia juga menjadi sumber devisa Negara. Devisa adalah alat pembayaran dengan luar negeri yang diterima dan diakui luas oleh dunia internasional. Devisa bias berupa emas atau mata uang asing(valuta asing).

Kamboja

Daerah disekitar Mekong merupakan daerah yang subur. Mata pencaharian penduduknya adalah pertanian. Hasil pertanian yang besar adalah padi dan karet.

Laos

Penduduk laos sebagian besar sebagai petani. Pertanian tumbuh disepanjang daerah yang dialiri sungai Mekong.

Malasyia

Kegiatan ekonomi masyarakat berupa pertanian, pertambangan, perindustrian.

Myanmar

Mata pencaharian penduduknya adalah pertanian, perkebunan, pertambangan. Merupakan salah satu penghasil padi terbesar di Asia Tenggara.

Singapura

Merupakan Negara paling maju di ASEAN. Menjadi Negara transit paling ramai di Asia.

Thailand

Disebut juga lumbung padi ASEAN. Padi merupakan hasil pertanian terbesar Negara ini. Keunikan budaya di Thailand menjadi daya tarik sendiri bagi wisatawan. Tempat wisat terkenal di Thailan antara lain Phuket, the grand palace, Wat Arun, Krabi, dan Sung Nong Nooch.

Vietnam

Pariwisata dan turisme menjadi pendukung ekonomi Negara ini.

loading...

0 komentar:

Posting Komentar