Edutainment Nusantara

LETS MAKE HARMONY

Minggu, 09 Agustus 2020

Perkembangbiakan Vegetatif pada Tumbuhan

 

Perkembanganbiakan vegetatif pada tumbuhan adalah perkembangbiakan yang dilakukan tanpa melalui proses perkawinan (penyerbukan)sehingga tidak memerlukan peleburan sel kelamin jantan dan betina. Makhluk hidup baru atau tumbuhan muncul langsung dari tumbuhan induk.

walaupun tanpa melalui proses perkawinan tapi dapat menghasilkan individu baru. individu baru muncul langsung dari induk tumbuhan.artinya tumbuhan yang berkembangbiak secara vegetatif mampu melakukan proses perkembangbiakan secara mandiri.

lalu bagaimana bentuk perkembangbiakan secara vegetatif? berikut ini akan di bahasa jenis-jenis perkembangbiakan secara vegetatif:

  1. Tunas

Tunas adalah bagian tumbuhan baru yang muncul dari bagian tumbuh induk. Contoh tumbuhan yang berkembangbiak dengan tunas adalah: Pisang, nanas, bambu.

2. Geragih atau stolon

sumbergambar:https://1.bp.blogspot.com/q5mZzg01Tvs/XxPqSrGO2xI/AAAAAAAAEMo/JYYYGDszXy8PvoGYSYTpAMK-B0ThoqgeQCLcBGAsYHQ/s1600/geragih.jpg

Geragih atau stolon adalah batang yang tumbuh menyamping pada bantang tumbuh mata tunas baru yang berfungsi untuk tempat hidup makhluk baru sejenisnya. tumbuhan yang berkembang biak dengan  geragih adalah: rumput teki, stroberi.

3. Umbi

Perkembangbiakan dengan cara umbi terdiri dari dua jenis yaitu, umbi lapis dan umbi batang.

A. Umbi Batang

Umbi batang adalah batang yang tumbuh di dalam tanah. Jika sebuah umbi batang ditanam , maka dari umbi tersebut muncul tunas untuk membentuk tumbuhan baru.

sumber gambar: https://www.google.com/url?

Tumbuhan yang berkembang biak dengan  umbi batang adalah ketela dan  kentang.

B. Umbi Lapis

-     Umbi lapis adalah daun yang berlapis-lapis tebal sehingga membentuk seperti batang. Pada bagian umbi lapis terdapat bakal tunas. Contoh  umbi lapis adalah jenis bawang-bawangan.

4. Spora

Spora adalah sel yang mempunyai fungsi sebagai alat perkembangbiakan contohnya: tumbuhan paku, lumut dan jamur.

loading...

0 komentar:

Posting Komentar