Edutainment Nusantara

LETS MAKE HARMONY

Selasa, 11 Agustus 2020

Perkembangbiakan pada Hewan

 

Bukan hanya tumbuhan yang berkembangbiak, hewan juga berkembangbiak. Semua makhluk hidup melakukan perkembangbiakan. Mereka berkembangbiak untuk mempertahankan hidup serta melestarikan jenisnya.

Pada tema 1 sub tema 1 sudah di bahas tumbuhan sahabatku. Tema 1 sub tema 2 akan membahas hewan sahabatku. Salah satunya materi yang akan di kupas dalam sub tema 2 adalah perkembangbiakan pada hewan.

Sama seperti halnya tumbuhan, perkembangbiakan pada hewan juga dibedakan menjadi dua, yaitu perkembangbiakan vegetative dan generative. Pengertian vegetative dan generative sama seperti materi sebelumnya tentang perkembangbiakan vegetatif dan generatif pada tumbuhan.

Cara Perkembangbiakan Vegetatif, pada hewan yaitu:

Membelah diri, contoh: amoeba, paramecium

Bertunas, contohnya: hidra

Fragmentasi adalah perkembangbiakan dengan cara menumbuhkan bagian tubuh baru yang telah terpotong. Contohnya: cacing, planaria

Cara perkembangbiakan hewan secara generatif yaitu:

Ovipar yaitu hewan yang berkembangbiak secara bertelur. Hewan yang berkembangbiak secara ovipar memiliki ciri tidak memiliki daun telinga. Contoh: ayam, burung.

Vivipar yaitu hewan yang berkembangbiak dengan cara melahirkan. Salah satu cirinya memiliki daun telinga. Contoh: kambing, kerbau.

Ovovivipar yaitu hewan yang berkembangbiak dengan cara bertelur sekaligus melahirkan. Contohnya: ular.

loading...

0 komentar:

Posting Komentar