Diskusi ruang kolaborasi 1
Jumat,
2 September 2022 19.00 wib – 22.00 wib
Fasilitator:
Dedi Kasiono
Sesi
ini merupakan sesi krusial. Modul 2.1 merupakan modul paling penting dan
krusial. Ini merupakan berkaitan dengan kebutuhan belajar peserta didik.
Di
awali refleksi dengan bu eni tentang modul 1.4 budaya positif
Menanyakan
tentang aksi nyata apakah harus 60 menit. Sebetuknya aksi nyata yang diharapka
oleh lm situ seperti apa?
Jawaban
dedi:
Aksi
nyata berkaitan dengan wilayah pak gito. Pertama bapak ibu menyampaikan konsep
di modul 1. Tuangkan itu.
Kedua
bagaimana pengalaman terbaik saat menerapkan dalam pembelajaran.
Video
itu nantinya menjadi bagian dri cerita.
Aksi
nyata:
Mendesiminasikan
ke rekan2, menyampaikan tentang konsep modul 1. Sampaikan juga keberhasilan
implementasikan. Tanggapan peserta didik.
Ketika
mendokumentasikan harus video. Tidka harus diunggah cukup memberikan link. Bisa
di blo atau gogle drive.
Portofolio
hasil2 selama mengiktui aksi nyata modul 1.
Materi:
Pembelejaran
untuk memenuhi kebuthan belajar pada murid.
Guru
dituntut memiliki keberanian dan percaya diri. Differensiasi butuh kreatifitas
kita.
Refleksi
kolaboratif yaitu refleksi bersama-sama.
Point
penting:
Kebutuhan
belajar, murid akan berhasil belajar apabila anak butuh. Karena kalau anak buth
akan lebih mudah mencerna. Andaikata anak tidak butuh maka kita harus bisa
mengolah agar anak senang. Caranya agar anak senang ya dimotivasi dengan kata2
yang nyaman bukan dimarahi.
Tingkat
kesulitan tugas untuk mengukur kesiapan murid.
Butuh
skill untuk melaksanakan asessmen diagnostic.
Ketika
kita anggap anak pukul rata perlakuan maka sangat merugikan peserta didik.
Asesmen
diagnostic contoh:
Buat
10 soal berikan ke anak. Berdasarkan jawaban anak nanti kan ketahuan kemampuana
anak. Yang cepet pengayaan, yang kuran remedial. Jadi dikelompokkan anak sesuai
kemampuan.
Bagi
anak yang khusus tentu perlu perlakuan khusus namun yang disukai/diminati anak.
Bentu perlakuan beda namun isinya sama mash ada kaitan dengan pembelajaran.
Yang
harus kita pikirkan adalah murid. Mencipkana manajemen belajar atau lingkugan
kelas yang mengundang beljar.
Terkait
kebutuhan bekajar menyangkut:
1.kesiapan
belajar. Semakin siap anak belajar akan semakin siap mendapatkan kemudahan.
2.
minat, kita bisa memaksa anak belajar/menghasilkan produk sesuai keinginan kita.
Minat seni atau kesenangan
3.profil
gaya belajar berkaitan dengan gaya belajar, visual ,audio, kinesketik
Strategi
differensiasi atau model differensiasi;
1.konten itu guru hrs memperhatikan pada batas mana siswa memiliki kecepatan.
Seberapa kuat mencerna materi. Saat matematika kita tidak bisa memberikan satu
macam bahan. Anak yang memiliki kualitas tinggi, sedang, rendah diperlakukan
berbeda. Dari materi konten, cara pendampingan. Matematika pada anak yang
rendah tidak bisa langsung menerima teori materi harus dengan benda konkret.
2.
Proses terkait dengan metode
3.produk
terkait dengan produk gaya belajar minat dan bakatnya
0 komentar:
Posting Komentar