Pendekatan Inkuiri Apresiatif BAGJA Pada Perubahan Strategi Pembelajaran IPA di Masa Pandemi
Pendekatan
Inkuiri Apresiatif (IA) merupakan strategi perubahan kolaboratif yang berbasis
kekuatan. IA bisa menjadi solusi strategi perubahan berupa pendekatanyang
berbeda dengan pendekatan lainnya. IA mewujudkan
potensi setiap individu dalam kelompok menjadi kekuatan untuk melakukan
perubahan.
BAGJA
merupakan tahapan yang mengikuti pendekatan Inkuiri Apresiatif. BAGJA merupakan
singkatan kata yang tersusun dari:
B : Buat pertanyaan
A : Ambil pelajaran
G : Gali mimpi
J : Jabarkan renncana
A : Atur eksekusi.
Saya
mencoba menyusun rancangan kegiatan sesuai tahapan BAGJA. Rancangan tersebut saya
terapkan di lingkungan sekolah. Tujuan dari penyusunan rancangan kegiatan
sesuai tahapan BAGJA untuk meningkatkan minat belajar IPA dalam masa pandemi.
Tahapan
prakarsa perubahan dalam pembelajaran IPA yang saya lakukan di sekolah dengan
mengikuti langkah langkah BAGJA sebagai
wujud nyata dari pendekatan Inkuiri Apresiatif.
Prakarsa
perubahan sesuai tahapan Bagja:
Buat
pertanyaan:
1. Bagaimana
agar siswa tertarik untuk mempelajari IPA saat pandemi?
Daftar
kegiatan:
1. Melakukan pembelajaran bervariasi
2. Melakukan praktikum di rumah
3. Mengaitkan pelajaran IPA dengan realita
4. Apresiasi
terhadap siswa
Ambil
pelajaran:
Daftar pertanyaan:
1. Kegiatan apa yang menarik bagi
siswa selama praktik?
2. Bagaimana membuat siswa senang dalam
pembelajaran IPA?
3. Apa yang membuat
mereka bosan dalam pembelajaran?
Daftar tindakan:
1. Mengajak siswa menjadi
observer/pengamat.
2. Mengajak siswa mengungkapkan
pendapat dan perasaannya selama praktik di rumah.
3. Mengenalkan siswa dengan fenomena
alam.
4. Mendukung siswa agar menyukai kegiatan praktikum IPA
Gali mimpi:
Daftar pertanyaan:
1. Siswa antusias dalam pembelajaran
IPA
2. Siswa memiliki pemahaman yang
baik terhadap materi
3. Siswa terampil dalam praktikum
Daftar tindakan:
1. Berkolaborasi dengan wali siswa
untuk mendukung siswa.
2. Berkolaborasi dengan rekan guru
dalam menyusun rencana pembelajaran yang menarik.
3. Berkolaborasi dengan kepala
sekolah untuk memberikan support berkaitan dengan sarana dan prasarana pendukung
dalam pembelajaran.
Jabarkan rencana
Daftar pertanyaan:
1. Bagaimana menciptakan pembelajaran IPA yang menarik
selama pandemi?
Daftar kegiatan:
1. Membuat RPP yang berisi
pembelajaran yang menarik.
2. Menyiapkan sarana pendukung
maupun doumentasi kegiatan.
3. Berkolaborasi dengan warga
sekolah
4. Sosialisasi kegiatan kepada wali
murid
5. Mempelajari inovasi pembelajaran daring seperti prezi
atau youtube.
Atur eksekusi
Daftar pertanyaan:
1. Kapan pelaksanaannya?
2. Siapa yang terlibat?
3. Siapa yang melakukan supervisi?
4. Apa indikator keberhasilannya?
5. Bagaimana evaluasinya?
Daftar kegiatan:
1. Kegiatan berjalan secara daring.
Pada hari kamis, 20 Januari 2022
2. Setiap pertemuan 2×30 menit
3. Menggunakan metode yang bervariasi
4. Guru, siswa, kepala sekolah, wali
murid terlibat aktif dalam pembelajaran sesuai perannya.
5. Kepala sekolah melakukan
supervisi
6. Guru memberikan masukan dan umpan
balik.
Dari
alur BAGJA yang dilakukan di SD N 5 Wangon, terjadi adanya peningkatan
motivasi siswa dalam pembelajaran IPA. Selain itu, Guru menjadi lebih
tertantang untuk membuat inovasi pembelajaran yang lebih menarik.
Lampiran:
1. Foto kegiatan pembelajaran praktik di rumah
2. Video prakrasa bersama menuju profil pelajar panasila: https://youtu.be/hAoMoh3p_SE
3.Video materi pembelajaran IPA: https://youtu.be/kZ1IvmTOqk0
0 komentar:
Posting Komentar