Edutainment Nusantara

LETS MAKE HARMONY

Selasa, 09 Agustus 2022

Guru Penggerak: Modul 1.3.a.2 Demontrasi Kontekstual; Pendekatan Inkuiri Apresiatif BAGJA Pada Perubahan Strategi Pembelajaran IPA di Masa Pandemi

Pendekatan Inkuiri Apresiatif BAGJA Pada Perubahan Strategi Pembelajaran IPA di Masa Pandemi

Pendekatan Inkuiri Apresiatif (IA) merupakan strategi perubahan kolaboratif yang berbasis kekuatan. IA bisa menjadi solusi strategi perubahan berupa pendekatanyang berbeda dengan pendekatan  lainnya. IA mewujudkan potensi setiap individu dalam kelompok menjadi kekuatan untuk melakukan perubahan.

BAGJA merupakan tahapan yang mengikuti pendekatan Inkuiri Apresiatif. BAGJA merupakan singkatan kata yang tersusun dari:

B       :    Buat pertanyaan

A       :    Ambil pelajaran

G       :    Gali mimpi

J        :    Jabarkan renncana

A       :    Atur eksekusi.

Saya mencoba menyusun rancangan kegiatan sesuai tahapan BAGJA. Rancangan tersebut saya terapkan di lingkungan sekolah. Tujuan dari penyusunan rancangan kegiatan sesuai tahapan BAGJA untuk meningkatkan minat belajar IPA dalam masa pandemi.

Tahapan prakarsa perubahan dalam pembelajaran IPA yang saya lakukan di sekolah dengan mengikuti langkah langkah BAGJA sebagai  wujud nyata dari pendekatan Inkuiri Apresiatif.

Prakarsa perubahan sesuai tahapan Bagja:

Buat pertanyaan:

1. Bagaimana agar siswa tertarik untuk mempelajari IPA saat pandemi?

 

Daftar kegiatan:

1. Melakukan pembelajaran bervariasi

2. Melakukan praktikum di rumah

3. Mengaitkan pelajaran IPA dengan realita

4. Apresiasi terhadap siswa

 

Ambil pelajaran:

Daftar pertanyaan:

1. Kegiatan apa yang menarik bagi siswa selama praktik?

2. Bagaimana membuat siswa senang dalam pembelajaran IPA?

3. Apa yang membuat mereka bosan dalam pembelajaran?

 

Daftar tindakan:

1. Mengajak siswa menjadi observer/pengamat.

2. Mengajak siswa mengungkapkan pendapat dan perasaannya selama praktik di rumah.

3. Mengenalkan siswa dengan fenomena alam.

4. Mendukung siswa agar menyukai kegiatan praktikum IPA

 

Gali mimpi:

Daftar pertanyaan:

1. Siswa antusias dalam pembelajaran IPA

2. Siswa memiliki pemahaman yang baik terhadap materi

3. Siswa terampil dalam praktikum

 

Daftar tindakan:

1. Berkolaborasi dengan wali siswa untuk mendukung siswa.

2. Berkolaborasi dengan rekan guru dalam menyusun rencana pembelajaran yang menarik.

3. Berkolaborasi dengan kepala sekolah untuk memberikan support berkaitan dengan sarana dan prasarana pendukung dalam pembelajaran.

 

Jabarkan rencana

Daftar pertanyaan:

1. Bagaimana menciptakan pembelajaran IPA yang menarik selama pandemi?

Daftar kegiatan:

1. Membuat RPP yang berisi pembelajaran yang menarik.

2. Menyiapkan sarana pendukung maupun doumentasi kegiatan.

3. Berkolaborasi dengan warga sekolah

4. Sosialisasi kegiatan kepada wali murid

5. Mempelajari inovasi pembelajaran daring seperti prezi atau youtube.

 

Atur eksekusi

Daftar pertanyaan:

1. Kapan pelaksanaannya?

2. Siapa yang terlibat?

3. Siapa yang melakukan supervisi?

4. Apa indikator keberhasilannya?

5. Bagaimana evaluasinya?

 

Daftar kegiatan:

1. Kegiatan berjalan secara daring. Pada hari kamis, 20 Januari 2022

2. Setiap pertemuan 2×30 menit

3. Menggunakan metode yang bervariasi

4. Guru, siswa, kepala sekolah, wali murid terlibat aktif dalam pembelajaran sesuai perannya.

5. Kepala sekolah melakukan supervisi

6. Guru memberikan masukan dan umpan balik.

 

Dari alur BAGJA yang dilakukan di SD N 5 Wangon, terjadi adanya peningkatan
motivasi siswa dalam pembelajaran IPA. Selain itu, Guru menjadi lebih tertantang untuk membuat inovasi pembelajaran yang lebih menarik. 


Lampiran:

1. Foto kegiatan pembelajaran praktik di rumah


2. Video prakrasa bersama menuju profil pelajar panasila: https://youtu.be/hAoMoh3p_SE

3.Video materi pembelajaran IPA: https://youtu.be/kZ1IvmTOqk0

0 komentar:

Posting Komentar