Edutainment Nusantara

LETS MAKE HARMONY

Senin, 07 November 2022

Ruang diskusi eksplorasi konsep modul 3.3 Perencanaan Program sekolah berdampak positif pada murid

Perencanaan Program Sekolah yang Berdampak Positif Pada Murid

Binton Mustofa, S.Pd

CGP Angkatan 5 Kabupaten Banyumas

SD N 5 Wangon


MODAL LINGKUNGAN/ALAM

Sebagian besar berada di daerah pedesaan yang memiliki suasana nyaman, tenang, kondusif untuk melaksanakan pembelajaran. Disamping itu dekat      dengan area persawahan, perbukitan yang bisa digunakan sebagai media pembelajaran.

 

MODAL MANUSIA: Guru, KS, Murid, Warga  S ekolah

 

PROGRAM SEKOLAH DENGAN TAHAPAN BAGJA: PEMBELAJARAN BERBASIS LINGKUNGAN SEKOLAH

 

Buat Pertanyaan

·    Apa yang membuat siswa lebih nyaman di sekolah, agar bisa berkembang dengan optimal?

·      Bagaimana lingkungan sekolah dapat berperan dalam pembelajaran?

 

2. Ambil Pelajaran

· Pada saat pembelajaran diluar kelas, anak-anak menjadi lebih aktif, kreatif dan lebih menghargai alam

 

GALI MIMPI

·      Murid lebih mencintai lingkungan hal ini ditunjukan ketika murid, lebih aktif dalam proses pembelajaran di luar kelas

·      Hasil belajar murid lebih baik, hal ini ditunjukan dengan nilai

·      Ulangan harian murid lebih tinggi

·      Guru mampu mengoptimalkan media alam dalam proses pembelajaran hal ini ditunjukan kemampuan guru menjadikan lingkungan sekitar sebagai media pembelajaran

·      Guru merubah konsep yang abstrak dalam materi menjadi lebih nyata, hal ini ditunjukan dengan menghubungkan materi pembelajaran secara kontekstual

 

JABARKAN RENCANA

·      Guru Menganalisis materi mana yang bisa diajarkan melalui proses pembelajaran

di luar kelas

·  Guru membuat RPP dan merancang media pembelajaran yang sesuai dengan konsep pembelajaran di luar kelas

·  Guru berkoordinasi dengan kepala sekolah, pemilik lahan dan wali murid agar proses pembelajaran nantinya berlangsung kondusif ( untuk memperkuat koordinasi sekolah dengan pemilik lahan membuat MOU)

·   Guru mensetting lingkungan yang akan dijadikan tempat pembelajaran agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan

·      Murid dan guru berkoordinasi sebelum melakukan proses pembelajaran di luar kelas

·      Proses pembelajaran diluar kelas dilaksanakan

·      Refleksi dan evaluasi kegiatan pembelajaran di luar kelas

 

ATUR EKSEKUSI

Penanggung jawab:

  • ·         Kepala Sekolah
  • ·         Komite Sekolah
  • ·         Pemilik lahan

Pengarah:

  • ·         Dewan Guru

Pelaksana Kegiatan:

  • ·         Guru

Pembantu Umum:

  • ·         Penjaga Sekolah

PROGRAM SEKOLAH YANG BERDAMPAK PADA MURID


0 komentar:

Posting Komentar