Kegiatan loka karya 5 berlangsung di SMP N 2 Purwokerto. Tempat yang sama untuk kegiatan loka karya 3 dan 4.
Meski berlangsung di tempat yang sama kegiatan loka karya kali ini memuat materi atau topik yang berbeda yaitu mengangkat modul 3.3 Penyusunan program berdampak positif pada murid. Kebetulan pada kegiatan ini penulis masuk kelas E. Bersama pengajar praktik Pak sugito, Pak kiki dan Bu PP?
Alur kegiatan diawali dengan perkenalan menggunakan pantun yang di buka oleh pak kiki. Peserta merasa hangat dengan saling perkenalan menggunakan pantun.
Di sini ada sedikit statemen dari pak kiki tentang passion/minat. Menurut beliau bahwa passion itu sangat berpengaruh dalam perkembangan dirinya. Pernah masuk sekolah jurusan elektro namun karena bukan passionnya membuat peringkatnya buruk. Namun,beliau sangat menyukai anak anak akhirnya kuliah PGSD. karena melakukan kegiatan sesuai passion loncatan pencapaian beliau sangat menonjol sehingga diperoleh caumlaude.
Sepenggal kisah beliau tentu mengingatkan peserta bahwa perlunya penelusuran minat murid dalam belajar. Ada differensiasi dan kompetensi sosial emosional.
Kegiatan berlanjut dengan penyusunan program berdasarkan BAGJA. Diawali hanya pada tahap BA.
Kami lun memnavi menjadi lima kelompok yang terdiri 3 anggota. Hasil diskusi presentasi kemudian saling memberi masukan. Hingga akhir kegiatan, peserta dapat menysun program berdasarkan alur BAGJA.
Yang dapat saya ambil pelajaran bahwa penyusunan program berdampak murid muaranya berpihak pada murid. Yaitu melibatkan suara murid, pilihan murid dan keoemilikan murid.
Program yang disusun harus dipastikan bahwa nantinya berpihak pada murid. Murid harus nyaman. Program jangan jadi pemaksaan anak sehingga berpusat pada murid untuk melatih kepemimpinan murid.
Mantappp, semakin menambah wawasan dan ilmu akan pentingnya program yang berdampak pada murid.
BalasHapus