Edutainment Nusantara

LETS MAKE HARMONY

Jumat, 11 November 2022

Demonstrasi Kontekstual Modul 3.3 Perencanaan Program yang berdampak positif pada murid

 3.3. Demonstrasi Kontekstual - Pengelolaan Program yang Berdampak pada Murid

 

Tujuan Pembelajaran Khusus: 

CGP dapat mengembangkan ide dari ruang kolaborasi menjadi sebuah prakarsa perubahan dalam bentuk rencana program/kegiatan yang memanfaatkan model manajemen perubahan BAGJA.

 

DASAR FILOSOFI KHD

Maksud pengajaran dan pendidikan yang berguna untuk perikehidupan bersama adalah memerdekakan manusia sebagai anggota persatuan (rakyat).

 

POIN/KOMPONEN PROFIL PELAJAR PANCASILA YANG DIKEMBANGKAN

Mampu bergotong royong. Kepemimpinan murid memungkinkan murid untuk terlibat dan berinteraksi dengan orang lain, bekerjasama dan berkontribusi dalam masyarakat yang lebih luas. Kreatif, karena murid dapat bermain drama/peran tetang tokoh yang berperan dalam sejarah lahirnya ASEAN.

 

KARAKTERISTIK LINGKUNGAN PENDUKUNG TUMBUHNYA KEPEMIMPINAN MURID YANG AKAN DIKEMBANGKAN

Lingkungan yang melatih ketrampilan yang dibutuhkan murid dalam proses pencapaian tujuan akademik maupun non akademik.

 

PRAKARSA PERUBAHAN

Program Proyek Kolaborasi Pembuatan Drama (Kolaborasi antara pembelajaran IPS-bahasa Indonesia dan PKn).

 

Model BAGJA

 

TAHAPAN

B-uat pertanyaan utama (Define)

PERTANYAAN

Bagaimana kita dapat meningkatkan team work antar murid, kreatifitas digital yang merupakan ketrampilan yang sangat diperlukan murid untuk pencapaian tujuan akademik dan non akademik?

TINDAKAN YANG DIPERLUKAN UNTUK MENDAPATKAN JAWABAN

Diskusi bersama dengan Guru lain yaitu rekan sejawat untuk membuat proyek kolaborasi pembuatan Drama/bermain peran yang didalam memuat kompetensi dasar 3 mata pelajaran tersebut.

 

RENCANA UNTUK MELIBATKAN SUARA/PILIHAN/KEPEMILIKAN MURID

Melakukan diskusi murid dalam kelompok dan tiap kelompok mempresentasikan rencana pembuatan proyek Drama kolaborasi.

Memberikan kesempatan untuk murid untuk memilih materi Biologi dan pembuatan skenario drama yang mereka inginkan.

Meminta murid untuk mengupload video drama kelompok nya di chanel You Tube salah satu anggota kelompok, agar bisa ditonton dan bermanfaat untuk murid-murid lain baik satu sekolah maupun sekolah lain.

ASET/KEKUATAN/SUMBER DAYA YANG DAPAT DIBERDAYAKAN PADA TAHAP INI

* Murid-murid

* Rekan guru kolaborasi

 

A-mbil pelajaran (Discover)

 

PERTANYAAN

·       Aktivitas apa saja yang dapat meningkatkan team work antar murid?

·       Ketrampilan apa yang harus dikuasai murid untuk mencapai tujuan akdemik atau non akademik?

·       Apakah kreativitas digital sangat diperlukan oleh murid-murid kita untuk jenjang pendidikan selanjutnya?

 

 

TINDAKAN YANG DIPERLUKAN UNTUK MENDAPATKAN JAWABAN

·       Pembentukan kelompok secara adil sehingga diusahakan semua murid dapat bekerja dalam kelompok (team work yang baik)

·       Ketrampilan digitalisasi, ketrampilan membuat drama yang menarik, menguasai materi dengan baik.

·       Kreativitas digital sangat diperlukan bagi murid dimas sekarang dan yang akan datang pada jenjang pendidikan yang lebih tinggi.

RENCANA UNTUK MELIBATKAN SUARA/PILIHAN/KEPEMILIKAN MURID

·       Melibatkan murid dalam perencanaan pembelajaran.

·       Melatih murid untuk bisa mengkolaborasi 3 pelajaran menjadi sebuah proyek drama yang spektakuler.

·       Memberikan murid kesempatan untuk memilih kelompok

·       Memberikan kesempatan untuk murid membuat drama proyek kolaborasi

·       Meminta murid mengunggah video You tube hasil tugas kolaborasi ketiga pelajaran.

ASET/KEKUATAN/SUMBERDAYA YANG DAPAT DIBERDAYAKAN PADA TAHAP INI

·       Internet

·       Rekan Guru yang kolaborasi

·       Perpustakaan

·       Buku paket

·       Video Youtube

 

G-ali mimpi (Dream)

PERTANYAAN

·       Seperti apa bentuk kegiatan untuk menumbuhkan team work dan kreatifitas digital pada murid

·       Dampak positif yang akan didapatkan jika program ini terwujud dan berjalan baik?

 

TINDAKAN YANG DIPERLUKAN UNTUK MENDAPATKAN JAWABAN

 

·       Mengadakan presentasi dan diskusi rencana drama yang akan ditampilkan

·       Murid menjadi bisa bekerja dalam tim (team work) dan murid mempunyai kemampuan ketrampilan kreativits digital yang baik dan bisa digunakan pada pendidikan selanjutnya.

RENCANA UNTUK MELIBATKAN SUARA/PILIHAN/KEPEMILIKAN MURID

·       Memilih dan menentukan tema drama

·       Membuat skenario drama kolaborasi

·       Ketiga guru yang berkolaborasi membuat analisis Kompetensi Dasar

·       Video drama yang sudah di upload di You Tube akan bermanfaat bagi seluruh siswa di Indonesia

·       Keberhasilan proyek kolaborasi bisa menjadi inspirasi pembelajaran bagi rekan Guru di sekolah lain

ASET/KEKUATAN/SUMBERDAYA YANG DAPAT DIBERDAYAKAN PADA TAHAP INI

·       Internet

·       Rekan Guru yang kolaborasi

·       Perpustakaan

·       Buku paket

·       Video Youtube

 

J-abarkan rencana (Design)

PERTANYAAN

·       Apa yang dilakukan oleh guru yang mempunyai proyek kolaborasi?

·       Apa yang dilakukan murid untuk melaksanakan program proyek kolaborasi?

·       Apakah tujuan capaian yang akan diraih dalam pelaksanaan program proyek kolaborasi ini?

 

TINDAKAN YANG DIPERLUKAN UNTUK MENDAPATKAN JAWABAN

·       Ketiga Guru membuat analisis kompetensi dasar ketiga mata pelajaran yang berkolaborasi

·       Ketiga Guru memberikan arahan kepada murid

·       Guru dan murid membuat kelompok proyek

·       Guru mengajak diskusi murid untuk bisa memilih dan mempresentasikan rencana drama kolaborasi

·       Murid mempunyai ketrampilan digital, upload video di salah satu chanel You tube anggota kelompok

·       Proyekm kolaborasi ini bisa menjadi inspirasi bagi pembelajaran di sekolah lain

 

RENCANA UNTUK MELIBATKAN SUARA/PILIHAN/KEPEMILIKAN MURID

·       Memilih dan menentukan tema drama

·       Membuat skenario drama kolaborasi

·       Ketiga guru yang berkolaborasi membuat analisis Kompetensi Dasar

·       Video drama yang sudah di upload di You Tube akan bermanfaat bagi seluruh siswa di Indonesia

·       Keberhasilan proyek kolaborasi bisa menjadi inspirasi pembelajaran bagi rekan Guru di sekolah lain

 

ASET/KEKUATAN/SUMBERDAYA YANG DAPAT DIBERDAYAKAN PADA TAHAP INI

·       Internet

·       Rekan Guru yang kolaborasi

·       Perpustakaan

·       Buku paket

·       Video Youtube

 

A-tur eksekusi (Deliver)

PERTANYAAN

·       Siapa yang menentukan pemilihan sub materi Biologi untuk drama?

·       Bagaimana supaya semua murid mempunyai ketrampilan kreatifitas digotal?

TINDAKAN YANG DIPERLUKAN UNTUK MENDAPATKAN JAWABAN

·       Yang menetukan tema besar adalah Guru, tapi untuk pemilihan sub materidiserahkan kepada murid.

·       Semua murid wajib belajar kreativitas digital, karena sangat bermanfaat untuk jenjang selanjutnya. 

RENCANA UNTUK MELIBATKAN SUARA/PILIHAN/KEPEMILIKAN MURID

·       Menyediakan ruang diskusi untuk semua murid agar dapat menggunakan kreatifitas digital.

·       Memberikan pengetahuan tentang kreatifitas digital

ASET/KEKUATAN/SUMBERDAYA YANG DAPAT DIBERDAYAKAN PADA TAHAP INI

·       Internet

·       Rekan Guru yang kolaborasi

·       Perpustakaan

·       Buku paket

·       Video Youtube

 Dokumentasi perencanaan pelaksanaan program yang berdampak pada murid:









0 komentar:

Posting Komentar