Edutainment Nusantara

LETS MAKE HARMONY

Jumat, 11 November 2022

Demonstrasi Kontekstual Modul 3.3 Perencanaan Program yang berdampak positif pada murid

 3.3. Demonstrasi Kontekstual - Pengelolaan Program yang Berdampak pada Murid

 

Tujuan Pembelajaran Khusus: 

CGP dapat mengembangkan ide dari ruang kolaborasi menjadi sebuah prakarsa perubahan dalam bentuk rencana program/kegiatan yang memanfaatkan model manajemen perubahan BAGJA.

 

DASAR FILOSOFI KHD

Maksud pengajaran dan pendidikan yang berguna untuk perikehidupan bersama adalah memerdekakan manusia sebagai anggota persatuan (rakyat).

 

POIN/KOMPONEN PROFIL PELAJAR PANCASILA YANG DIKEMBANGKAN

Mampu bergotong royong. Kepemimpinan murid memungkinkan murid untuk terlibat dan berinteraksi dengan orang lain, bekerjasama dan berkontribusi dalam masyarakat yang lebih luas. Kreatif, karena murid dapat bermain drama/peran tetang tokoh yang berperan dalam sejarah lahirnya ASEAN.

 

KARAKTERISTIK LINGKUNGAN PENDUKUNG TUMBUHNYA KEPEMIMPINAN MURID YANG AKAN DIKEMBANGKAN

Lingkungan yang melatih ketrampilan yang dibutuhkan murid dalam proses pencapaian tujuan akademik maupun non akademik.

 

PRAKARSA PERUBAHAN

Program Proyek Kolaborasi Pembuatan Drama (Kolaborasi antara pembelajaran IPS-bahasa Indonesia dan PKn).

 

Model BAGJA

 

TAHAPAN

B-uat pertanyaan utama (Define)

PERTANYAAN

Bagaimana kita dapat meningkatkan team work antar murid, kreatifitas digital yang merupakan ketrampilan yang sangat diperlukan murid untuk pencapaian tujuan akademik dan non akademik?

TINDAKAN YANG DIPERLUKAN UNTUK MENDAPATKAN JAWABAN

Diskusi bersama dengan Guru lain yaitu rekan sejawat untuk membuat proyek kolaborasi pembuatan Drama/bermain peran yang didalam memuat kompetensi dasar 3 mata pelajaran tersebut.

 

RENCANA UNTUK MELIBATKAN SUARA/PILIHAN/KEPEMILIKAN MURID

Melakukan diskusi murid dalam kelompok dan tiap kelompok mempresentasikan rencana pembuatan proyek Drama kolaborasi.

Memberikan kesempatan untuk murid untuk memilih materi Biologi dan pembuatan skenario drama yang mereka inginkan.

Meminta murid untuk mengupload video drama kelompok nya di chanel You Tube salah satu anggota kelompok, agar bisa ditonton dan bermanfaat untuk murid-murid lain baik satu sekolah maupun sekolah lain.

ASET/KEKUATAN/SUMBER DAYA YANG DAPAT DIBERDAYAKAN PADA TAHAP INI

* Murid-murid

* Rekan guru kolaborasi

 

A-mbil pelajaran (Discover)

 

PERTANYAAN

·       Aktivitas apa saja yang dapat meningkatkan team work antar murid?

·       Ketrampilan apa yang harus dikuasai murid untuk mencapai tujuan akdemik atau non akademik?

·       Apakah kreativitas digital sangat diperlukan oleh murid-murid kita untuk jenjang pendidikan selanjutnya?

 

 

TINDAKAN YANG DIPERLUKAN UNTUK MENDAPATKAN JAWABAN

·       Pembentukan kelompok secara adil sehingga diusahakan semua murid dapat bekerja dalam kelompok (team work yang baik)

·       Ketrampilan digitalisasi, ketrampilan membuat drama yang menarik, menguasai materi dengan baik.

·       Kreativitas digital sangat diperlukan bagi murid dimas sekarang dan yang akan datang pada jenjang pendidikan yang lebih tinggi.

RENCANA UNTUK MELIBATKAN SUARA/PILIHAN/KEPEMILIKAN MURID

·       Melibatkan murid dalam perencanaan pembelajaran.

·       Melatih murid untuk bisa mengkolaborasi 3 pelajaran menjadi sebuah proyek drama yang spektakuler.

·       Memberikan murid kesempatan untuk memilih kelompok

·       Memberikan kesempatan untuk murid membuat drama proyek kolaborasi

·       Meminta murid mengunggah video You tube hasil tugas kolaborasi ketiga pelajaran.

ASET/KEKUATAN/SUMBERDAYA YANG DAPAT DIBERDAYAKAN PADA TAHAP INI

·       Internet

·       Rekan Guru yang kolaborasi

·       Perpustakaan

·       Buku paket

·       Video Youtube

 

G-ali mimpi (Dream)

PERTANYAAN

·       Seperti apa bentuk kegiatan untuk menumbuhkan team work dan kreatifitas digital pada murid

·       Dampak positif yang akan didapatkan jika program ini terwujud dan berjalan baik?

 

TINDAKAN YANG DIPERLUKAN UNTUK MENDAPATKAN JAWABAN

 

·       Mengadakan presentasi dan diskusi rencana drama yang akan ditampilkan

·       Murid menjadi bisa bekerja dalam tim (team work) dan murid mempunyai kemampuan ketrampilan kreativits digital yang baik dan bisa digunakan pada pendidikan selanjutnya.

RENCANA UNTUK MELIBATKAN SUARA/PILIHAN/KEPEMILIKAN MURID

·       Memilih dan menentukan tema drama

·       Membuat skenario drama kolaborasi

·       Ketiga guru yang berkolaborasi membuat analisis Kompetensi Dasar

·       Video drama yang sudah di upload di You Tube akan bermanfaat bagi seluruh siswa di Indonesia

·       Keberhasilan proyek kolaborasi bisa menjadi inspirasi pembelajaran bagi rekan Guru di sekolah lain

ASET/KEKUATAN/SUMBERDAYA YANG DAPAT DIBERDAYAKAN PADA TAHAP INI

·       Internet

·       Rekan Guru yang kolaborasi

·       Perpustakaan

·       Buku paket

·       Video Youtube

 

J-abarkan rencana (Design)

PERTANYAAN

·       Apa yang dilakukan oleh guru yang mempunyai proyek kolaborasi?

·       Apa yang dilakukan murid untuk melaksanakan program proyek kolaborasi?

·       Apakah tujuan capaian yang akan diraih dalam pelaksanaan program proyek kolaborasi ini?

 

TINDAKAN YANG DIPERLUKAN UNTUK MENDAPATKAN JAWABAN

·       Ketiga Guru membuat analisis kompetensi dasar ketiga mata pelajaran yang berkolaborasi

·       Ketiga Guru memberikan arahan kepada murid

·       Guru dan murid membuat kelompok proyek

·       Guru mengajak diskusi murid untuk bisa memilih dan mempresentasikan rencana drama kolaborasi

·       Murid mempunyai ketrampilan digital, upload video di salah satu chanel You tube anggota kelompok

·       Proyekm kolaborasi ini bisa menjadi inspirasi bagi pembelajaran di sekolah lain

 

RENCANA UNTUK MELIBATKAN SUARA/PILIHAN/KEPEMILIKAN MURID

·       Memilih dan menentukan tema drama

·       Membuat skenario drama kolaborasi

·       Ketiga guru yang berkolaborasi membuat analisis Kompetensi Dasar

·       Video drama yang sudah di upload di You Tube akan bermanfaat bagi seluruh siswa di Indonesia

·       Keberhasilan proyek kolaborasi bisa menjadi inspirasi pembelajaran bagi rekan Guru di sekolah lain

 

ASET/KEKUATAN/SUMBERDAYA YANG DAPAT DIBERDAYAKAN PADA TAHAP INI

·       Internet

·       Rekan Guru yang kolaborasi

·       Perpustakaan

·       Buku paket

·       Video Youtube

 

A-tur eksekusi (Deliver)

PERTANYAAN

·       Siapa yang menentukan pemilihan sub materi Biologi untuk drama?

·       Bagaimana supaya semua murid mempunyai ketrampilan kreatifitas digotal?

TINDAKAN YANG DIPERLUKAN UNTUK MENDAPATKAN JAWABAN

·       Yang menetukan tema besar adalah Guru, tapi untuk pemilihan sub materidiserahkan kepada murid.

·       Semua murid wajib belajar kreativitas digital, karena sangat bermanfaat untuk jenjang selanjutnya. 

RENCANA UNTUK MELIBATKAN SUARA/PILIHAN/KEPEMILIKAN MURID

·       Menyediakan ruang diskusi untuk semua murid agar dapat menggunakan kreatifitas digital.

·       Memberikan pengetahuan tentang kreatifitas digital

ASET/KEKUATAN/SUMBERDAYA YANG DAPAT DIBERDAYAKAN PADA TAHAP INI

·       Internet

·       Rekan Guru yang kolaborasi

·       Perpustakaan

·       Buku paket

·       Video Youtube

 Dokumentasi perencanaan pelaksanaan program yang berdampak pada murid:









Kamis, 10 November 2022

Aksi nyata Modul 3.2 Pemimpin dalam pengelolaan sumber daya

aksi nyata dalam modul 3.2 berisi kegiatan sosialiasi aset maupun diskusi dengan stake holder SD N 5 wangon. setiap kegiatan nantinya di buatkan dokumentasi berupa notulen, foto kegiatan. selain dokumen tersebut juga adanya paparan konsep tentang aset yang dimiliki sekolah.

berikut gambaran hasil notule diskusi aset dengan kepala sekolah.

Lampiran II Notulen Diskusi aset dengan kepala sekolah

 

 

NOTULEN

Aksi nyata Modul 3.2 Pemimpin dalam Pengelolaan Sumber Daya

 

1. Notulen diskusi aset dengan Kepala Sekolah

Jalannya acara:

Acara di mulai pukul 09.00 wib pada hari Jumat, 28 Oktober 2022

Diskusi berlangsug antara saya selaku CGP dengan Kepala SD N 5 Wangon.

Diskusi berlangsug hangat dengan saling membicarakana asset yang dimiliki dan pemetaannya.

Berdasarkan hasil diskusi dengan kepala sekolah bahwa asset yang dimiliki SDN 5 Wangon yaitu:

a. modal manusia

SD N 5 Wangon memiliki 1 kepala sekolah, guru kelas sebanyak 6 orang, guru penjas 1, guru agama 2, staf 1 dan penjaga sekolah 1.

Kepala sekolah sudah berijazah S1 dengan pangkat golongan ruang Pembina/IVb. Kepala sekolah memiliki sertifikasi pendidik.

Guru kelas 6 orang. Dengan rincian 3 orang PNS dan memiliki sertifikat pendidik sedang sisanya masih tenaga honorer.

Guru agama 2 orang dengan status PPPK dan sudah memiliki sertifikat pendidik.

Guru PJOK 1 orang dengan status honorer dan berijazah S1.

Staf 1 yang juga sebagai pustakawan.

Penjaga kemanan 1 status honorer.

b. modal social

lingkungan masyarakat masih pedesaan. Sehingga ramah dan kental dengan sifat gotong royong. Masyarakat juga sangat menghormati guru SDN 5 Wangon.

Masyarakat slatri kooperatif untuk diajak kerja sama membangun kemajuan pendidikan SD N 5 Wangon.

Selain sifat warga slatri yang ramah, juga ada sanggar kegiatan seni kuda lumping di Slatri. Kegiatan ini yang mengoperasikan seniman muda bernama Mas Joko.

c. modal fisik

memiliki sarpras yang kondisinya sangat baik.

Gedung SDN 5 Wangon memiliki 6 ruang kelas, ruang guru, ruang kepala sekolah, ruang UKS, dapur sekolah, perpustakaan, mushola dan tempat parker. Halam yang luas memungkinkan murid bermain atau berolah raga dengan leluasa.

Tahun 2022 menerima bantuan pembangunan pagar keliling. Rehab kamar mandi juga menerima bantuan perangkat computer berupa chrome book sebanyak 15 unit.

SD N 5 Wangon juga sudah memiliki jaringan WIFI Iconet afiliasi PLN.

Modal fisik ini tentu sangat menunjang proses kelancaran belajar murid.

d. modal lingkungan alam

dekat dengan area persawahan, sungai dan kebun. Lokasi desa sangat nyaman untuk belajar diluar kelas.

e. modal finansial

modal finansial memiliki sumber dana BOS sebagai operasional sekolah dalam memenuhi kebutuhan sekolah. dana BOS yang diterima SDN 5 Wangon tahun 2022 sebesar 100.800.000,-

dana ini digunakan sekolah untuk memenuhi kebutuhan belanja barang jasa dan modal untuk mendukung kelancaran program pendidikan.

f. modal politik

modal politik SD N 5 Wangon menjalin hubugan kerja sama dengan Pemerintah Desa Wangon, Puskesmas Wangon dan Polsek Wangon.

Pemerintah desa sangat mendukung langkah SD N 5 Wangon dalam pelaksanaan pendidikan.

Puskesmas Wangon juga sering mengadakan sosialisasi kesehatan.

Polsek wangon pemberian dukungan dalam mencegah terjadinya gangguan kemananan maupun program yang meemrlukan dukungan kepolisian.

g. modal agama dan budaya

masyarakat slatri juga termasuk masyarakat yang religious. Mayoritas warga nahdiyin sehingga taat dengan ulama maupun pemerintah.

Adanya suasana reigius di desa membuat sekolah tidak bingung daalm menjalin komunikasi maupun mendukung kegiatan literasi keagamaan.

Sebagain besar murid juga mengaji dengan ulama setempat.

 

Berdasarkan pemetaan asset yang diberikan kepala sekolah. menurutnya masih perlu strategi dan pemanfaatan yang optimal agar tercapai tujuan pendidikan di SD N 5 Wangon.

Sekolah masih haru berbenah. Melihat potensi maupun kekurangan yang harus ditingkatkan.

Tujuannya agar bisa memberikan pelayanan yang baik kepada murid terutama pendidikan yang berpihak pada murid.

Acara diskusi dengan kepala sekolah di tutup pada pukul 11.00 wib.

Acara di tutup dengan ucapan terimakasih, motivasi dan salam penutup

 

 

Wangon, 28 Oktober 2022

notulen


Binton Mustofa


Dokumentasi kegiatan diskusi aset dengan kepala sekolah:




Dokumentasi kegiatan diskusi aset dengan rekan sejawat:



Dokumentasi kegiatan diskusi aset dengan komite/tokoh masyarakat:


Dokumentasi kegiatan diskusi aset dengan wali murid:



Dokumentasi kegiatan diskusi aset dengan wali murid:


peta konsep paparan tentang aset: https://youtu.be/SzhHB9q6Jbs

Senin, 07 November 2022

Ruang diskusi eksplorasi konsep modul 3.3 Perencanaan Program sekolah berdampak positif pada murid

Perencanaan Program Sekolah yang Berdampak Positif Pada Murid

Binton Mustofa, S.Pd

CGP Angkatan 5 Kabupaten Banyumas

SD N 5 Wangon


MODAL LINGKUNGAN/ALAM

Sebagian besar berada di daerah pedesaan yang memiliki suasana nyaman, tenang, kondusif untuk melaksanakan pembelajaran. Disamping itu dekat      dengan area persawahan, perbukitan yang bisa digunakan sebagai media pembelajaran.

 

MODAL MANUSIA: Guru, KS, Murid, Warga  S ekolah

 

PROGRAM SEKOLAH DENGAN TAHAPAN BAGJA: PEMBELAJARAN BERBASIS LINGKUNGAN SEKOLAH

 

Buat Pertanyaan

·    Apa yang membuat siswa lebih nyaman di sekolah, agar bisa berkembang dengan optimal?

·      Bagaimana lingkungan sekolah dapat berperan dalam pembelajaran?

 

2. Ambil Pelajaran

· Pada saat pembelajaran diluar kelas, anak-anak menjadi lebih aktif, kreatif dan lebih menghargai alam

 

GALI MIMPI

·      Murid lebih mencintai lingkungan hal ini ditunjukan ketika murid, lebih aktif dalam proses pembelajaran di luar kelas

·      Hasil belajar murid lebih baik, hal ini ditunjukan dengan nilai

·      Ulangan harian murid lebih tinggi

·      Guru mampu mengoptimalkan media alam dalam proses pembelajaran hal ini ditunjukan kemampuan guru menjadikan lingkungan sekitar sebagai media pembelajaran

·      Guru merubah konsep yang abstrak dalam materi menjadi lebih nyata, hal ini ditunjukan dengan menghubungkan materi pembelajaran secara kontekstual

 

JABARKAN RENCANA

·      Guru Menganalisis materi mana yang bisa diajarkan melalui proses pembelajaran

di luar kelas

·  Guru membuat RPP dan merancang media pembelajaran yang sesuai dengan konsep pembelajaran di luar kelas

·  Guru berkoordinasi dengan kepala sekolah, pemilik lahan dan wali murid agar proses pembelajaran nantinya berlangsung kondusif ( untuk memperkuat koordinasi sekolah dengan pemilik lahan membuat MOU)

·   Guru mensetting lingkungan yang akan dijadikan tempat pembelajaran agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan

·      Murid dan guru berkoordinasi sebelum melakukan proses pembelajaran di luar kelas

·      Proses pembelajaran diluar kelas dilaksanakan

·      Refleksi dan evaluasi kegiatan pembelajaran di luar kelas

 

ATUR EKSEKUSI

Penanggung jawab:

  • ·         Kepala Sekolah
  • ·         Komite Sekolah
  • ·         Pemilik lahan

Pengarah:

  • ·         Dewan Guru

Pelaksana Kegiatan:

  • ·         Guru

Pembantu Umum:

  • ·         Penjaga Sekolah

PROGRAM SEKOLAH YANG BERDAMPAK PADA MURID